Saat Musim Hujan, Bagi Anda Yang Ingin Membeli Buah Durian, Perhatikan Ciri Berikut InI Untuk Menghindari IsInya Yang Busuk

Saat Musim Hujan, Bagi Anda Yang Ingin Membeli Buah Durian, Perhatikan Ciri Berikut InI Untuk Menghindari IsInya Yang Busuk Buah Durian yang dalamnya busuk. Foto Iwan dayat

Pasuruan, kabarwarta.id - Saat ini masih musim hujan, Bagi pecinta buah durian yang ingin membeli buah yang disebut sebagai rajanya buah ini sebaiknya jangan memilih durian yang kondisinya berlubang, Karena bisa dipastikan isi didalamnya ini.

"Kalau kondisi fisik durian luarnya ada yang berlubang bekas gigitan hewan atau ujungnya dalam kondisi basah durian sebaiknya jangan dibeli, karena bisa dipastikan dalamnya kurang bagus atau bahkan sudah dihuni oleh ulat," kata Ainul Yakin, salah satu pecinta durian, Rabu (11/1/23).

Menurutnya, selain ciri diatas, karena saat ini musim hujan, buah durian juga jarang yang berbau menyengat. "Kalau mau beli durian selain ciri fisik luarnya yang masih bagus, dan jangan memilih buah durian yang sudah terbuka buahnya karena sudah masuk angin dipastikan rasanya sudah tidak semanis yang masih dalam buah utuh (belum terbuka)." Terangnya.

Saat ini, Di Pasuruan penjual buah durian sangat mudah ditemui di pinggir jalan protokol maupun kawasan pemukiman penduduk. Selain rasanya, buah durian diburu juga karena tekstur buahnya yang legit. Namun sayangnya, hal ini dimanfaatkan oleh oknum penjual durian yang menjajakan dagangannya hanya untuk mencari keuntungan yang tinggi tanpa meperhatikan kualitas buah durian yang dijualnya.

"Selain buahnya masih utuh dan berbau, hendaknya pembeli meminta garansi kepada penjual terkait buah durian yang dibelinya jika buahnya jelek bisa ditukar dengan yang bagus. Karena saat ini yang dijual di Pasuruan bukan hanya durian lokal. melainkan buah durian dari pulau Sumatra dan pulau Bali," Jelas Ainul Yakin.

Pria pecinta raja buah ini menjelaskan bahwa hal ini tidak dapat dipungkiri karena penjual durian juga meluber, dan pembeli hendaknya lebih teliti jika akan membelinya seperti di kawasan wisata Cengho Pandaan, kawasan pemukiman atau pedagang keliling yang menjajakan dagangannya menggunakan keranjang di atas motor maupun mobil bak terbuka.

"Lebih aman jika membeli buah durian ditempat yang sudah dikenal khalayak dan dikenal memiliki harga dan kualitas yang bagus dan jangan lupa minta garansi atau diicipi atau dibuka ditempat penjual untuk mendapatkan buah durian yang baik dan manis," ungkap Ainul Yakin.

Selain hal diatas, Jika pembeli ingin mendapatkan durian yang bagus, sebaiknya membeli di tempat buah durian itu di panen seperti di kawasan Ngembal, Purwodadi, Pasrepan, Winongan dan Lumbang, Prigen, Purwosari, Puspo atau wilayah penghasil durian di wilayah Kabupaten Pasuruan.(dyt)