Sekdaprof Dan Bupati Lakukan Ground Breking Proyek Umbulan

Sekdaprof Dan Bupati Lakukan Ground Breking Proyek Umbulan Bupati Pasuruan Bersama Sekdaprof Jatim Bersama Kepala Proyek Oftake Winongan. Replika Market Plan Offtake Winongan

Sekdaprof Dan Bupati Pasuruan Lakukan Ground Breking Proyek Umbulan

Pasuruan kabrwarta

Sekretaris Daerah Profinsi Jawa Timur, Dr.Ir Heru Tjahjono bersama Bupati Pasuruan H.M Irsyad Yusuf SE, MMA melakukan peletakan batu pertama di area Ground Breaking proyek Umbulan yakni Pembangunan Reservoir,(Penampung Air) Offtake Winongan yang berkapasitas 1.200 m3 di Desa Rejoso Lor, Kecamatan Rejoso, Kabupaten Pasuruan.

Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf menjelaskan, Bahwa proyek Umbulan sudah dirintis semenjak 37 tahun yang lalu, Namun, baru terealisasi di era kepemimpinan Presiden RI ke 7 yakni Ir. Joko Widodo dan telah ditetapkan sebagai proyek strategis nasional.

" Saya dipanggil pak Menteri, Karena saya kepala daerah satu-satunya yang belum menandatangani proyek nasional SPAM Umbulan, dan saya ajukan syarat-syarat agar kabupaten Pasuruan juga diberikan manfaat oleh proyek ini," Kata Irsyad, Jum'at, (22/11/18).

Pihak pemerintah pusat pun memberikan bantuan sebesar 327 miliar dari APBN untuk pemenuhan air bersih di kabupaten Pasuruan khususnya di 23 desa yang kekeringan dan kekurangan air bersih.

" Untuk kecamatan Winongan sudah berjalan 3600 saluran rumah dari proyek ini dan nantinya dibantu oleh pemerintah pusat sebesar 40 miliar untuk pemenuhan air bersih di kecamatan Lumbang yang diambilkan dari mata air Banyubiru, "imbuh Irsyad.

 

Sementara itu, Sekretaris daerah profinsi Jawa Timur, Heru Tjahjono mengatakan bahwa air dari Umbulan merupakan satu-satunya yang siap untuk diminum langsung dan berpesan agar Bupati Pasuruan bisa menjaga hutan sebagai penopang utama di sekitar mata air Umbulan.

" Air Umbulan mirip air Zam-zam yang langsung bisa diminum tanpa harus dimasak dan rasanya segar," Bebernya. Saat ini, Umbulan mengeluarkan air sekitar 4000 liter/detik dan belum dimanfaatkan dengan baik.

Air Umbulan yang akan didistribusikan ke beberapa kota dan kabupaten diantaranya, Gresik, Surabaya dan Sidoarjo akan dikelola oleh PDAM, (Perusahaan Daerah Air Minum) Jawa Timur. Untuk kabupaten Pasuruan air Umbulan akan dijual seharga 1.050,00 per m3 .

Selain Oftake Winongan, Ada lima offtake yang juga dibangun di kabupaten Pasuruan yakni offtake Pleret 1 di desa Pleret, Kecamatan Pohjentrek dengan kapasitas 600m3. Offtake Pleret 2 di Kelurahan Tambaan Kecamatan Panggungrejo,Kota Pasuruan yang berkapasitas 600m3.

Offtake Pohjentrek di desa Geneng Waru,Kecamatan Kraton berkapasitas 1.200m3. Offtake Rembang di Desa Pejangkungan,Kecamatan Rembang dengan kapasitas 1200m3, Offtake Beji di desa Gunung Gangsir berkapasitas 1.200m3 dan Offtake Gempol berada di kelurahan Kejapanan,kecamatan Gempol,kabupaten Pasuruan dengan kapasitas Reservoar sebesar 1.200m3, (dyt).