Semarakkan Peringatan Hari Kartini, Perumnas Paras Ayu Fest 2024 Libatkan Pelaku UMKM

Semarakkan Peringatan Hari Kartini, Perumnas Paras Ayu Fest 2024 Libatkan Pelaku UMKM Perumnas Paras Ayu Fest 2024. Foto ist

Jakarta, kabarwarta.id - Ramaikan Peringatan Hari Kartini, Perumnas Gandeng Pelaku UMKM Perempuan di Paras Ayu Fest 2024.

Perum Perumnas kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan program Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dengan menyelenggarakan Paras Ayu Fest 2024. Program ini menjadi upaya Perumnas dalam memperkuat perekonomian UMKM serta menjadi satu rangkaian event dalam menyemarakkan Hari Kartini 2024.

Rangkaian Event Paras Ayu Fest 2024 ini berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 25-27 April 2024 dan terbagi menjadi beberapa kegiatan yang melibatkan peran perempuan, baik itu di lingkungan Perumnas maupun di luar korporasi.

Wakil Direktur Utama Perum Perumnas, Tambok Setyawati turut meresmikan pembukaan event ini di Wisma Perumnas  dan diikuti oleh masyarakat sekitar serta BUMN Infrastruktur lainnya.

“Peringatan Hari Kartini 2024 kali ini, Perumnas menginisiasi event dengan memadukan beberapa kegiatan sosial yang melibatkan peran perempuan di antaranya, Bazar UMKM, Lomba Twibbon untuk karyawati Perumnas, dan juga olahraga Pound Fit yang menjadi acara puncak di event Paras Ayu Fest 2024,” tutur Tambok saat peresmian berlangsung.

Sepanjang pergelaran bazar berlangsung, beragam produk pelaku UMKM cukup banyak diminati serta menunjukkan antusiasme yang cukup tinggi dari para pengunjung, lanjut Tambok.

Perumnas menghadirkan sebanyak 36 UMKM yang terdiri dari pelaku usaha sekitar dan para pelaku usaha perempuan, di mana 8 mitra di dalamnya merupakan UMKM binaan Perumnas.

Produk yang dihadirkan juga beragam, mulai dari produk kuliner makanan dan minuman, pakaian batik, serta kerajinan tangan kreasi produk lokal berupa tas dan aksesoris pakaian. “Sejalan dengan arahan Menteri BUMN, Erick Thohir, Perumnas sebagai BUMN komitmen turut mendorong kemajuan UMKM, dan bazar ini ditujukan untuk mengenalkan UMKM binaan Perumnas kepada karyawan di lingkungan korporasi dan masyarakat sekitar khususnya di Jakarta Timur. Pelaku UMKM juga dapat merambah dan memperluas target pasar dengan adanya event ini,” papar Tambok.

Tambok menambahkan, bahwa acara ini sejalan dengan Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan dengan memperhatikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) dalam rangka penguatan UMKM yakni mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan serta pelaksanaan yang tidak hanya akan memberikan manfaat positif bagi masyarakat, tetapi juga menciptakan nilai tambah ekonomi bagi perusahaan melalui Program Kemitraan.

Di lain itu, rangkaian Paras Ayu Fest 2024 juga diisi dengan lomba twibbon sebagai ajang unjuk gigi peran perempuan masa kini dalam kesehariannya.

Lomba ini memberikan kesempatan bagi perempuan untuk berkreasi dan mengekspresikan diri mereka melalui media sosial, juga mempromosikan pesan-pesan positif yang mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Pada puncaknya, Perumnas juga turut menyelenggarakan event olahraga poundfit yang diikuti oleh lebih dari 100 perempuan.

"Melalui kegiatan ini, para peserta tidak hanya dapat menjaga kesehatan fisik mereka tetapi juga merasakan semangat kolaboratif dan dukungan antarperempuan dalam melakukan gaya hidup sehat dan aktif," ungkap salah satu peserta 

Paras Ayu Fest 2024 yang telah diinisiasi Perumnas ini menjadi sebuah wadah apresiasi bagi para perempuan yang menjadi cerminan dari sosok R.A Kartini masa kini.

“Perumnas percaya bahwa sosok R.A Kartini ini tidak akan pudar tetapi akan tetap muncul sosok wanita masa kini yang juga memiliki apresiasi dan kontribusi dengan caranya masing-masing,” tutur Tambok. “Semoga kedepannya kami (Perumnas) dapat berkomitmen untuk terus mengadakan banyak kegiatan-kegiatan positif seperti ini dan menjadikan hal ini sebagai langkah konkrit dan tanggung jawab sosial korporasi untuk mendukung pemberdayaan ekonomi perempuan dan mendorong perputaran ekonomi lokal,” tutup Tambok Setyawati.

Tentang Perum Perumnas Perumnas merupakan salah satu BUMN yang mempunyai tugas pokok menyediakan perumahan dan pemukiman bagi masyarakat menengah ke bawah. Beberapa kawasan pemukiman skala besar telah dibangun melingkupi area Bogor, Tangerang, Depok dan Bekasi yang kini telah berkembang, menjadi kota baru dan berfungsi sebagai kota penyangga ibukota Jakarta.

Dengan memiliki cakupan area operasional dari Sabang sampai Merauke, Perumnas telah membangun di lebih dari 187 kota dan 400 lokasi di seluruh Indonesia.(HM)