Senada Dengan Presiden Jokowi, Walikota Pasuruan Prioritaskan Vaksin Covid -19 Untuk Golongan ini

Senada Dengan Presiden Jokowi, Walikota Pasuruan Prioritaskan Vaksin Covid -19 Untuk Golongan ini Walikota Pasuruan, Raharto Teno Prasetyo (kanan depan) foto iwan dayat

Kabarwarta.id - Senada dengan Presiden Joko Widodo, Walikota Pasuruan juga memprioritaskan Vaksin Covid -19 untuk golongan ini.

"Yang di utamakan adalah tenaga nakes terlebih dahulu," kata Raharto Teno Prasetyo, selasa (5/1/21).

Hal ini sejalan dengan yang dikatakan Presiden Joko widodo saat diwawancarai Rosiana Silalahi pada beberapa waktu yang lalu.

Lebih lanjut Teno menambahkan bahwa selain tenaga kesehatan (nakes) vaksin Covid -19 juga akan disuntikkan kepada pelayan publik dan TNI - Polri serta lansia.

"Sesuai lis nya dan yang diutamakan adalah nakes," tambahnya.

Saat disinggung apakah dirinya siap divaksin, Pria yang juga duduk di kursi ketua DPC PDI Pernuangan kota Pasuruan ini menjelaskan Bahwa yang diutamakan adalah tenaga kesehatan.

"Tenaga kesehatan dulu baru yang lain sesuai yang telah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan," ujarnya.

Di kota Pasuruan yang terdata saat ini menurut Kepala Dinas kesehatan yang akan divaksinasi  pada kloter pertama sejumlah 1757 tenaga kesehatan yang terdiri dari SDM se kota Pasuruan.

"1757 untuk Nakes non nakes penunjang kesehatan faskes pemerintah dan swasta," kata Kepala Dinas Kesehatan kota Pasuruan, dr. Sierly Marlena.

Penyuntikan vaksin Covid -19 di kota Pasuruan terdiri dari dua tahap. Gelombang pertama periode bulan Januari hingga 21 April 2021 untuk kelompok prioritas penerima vaksin diantaranya SDM kesehatan, petugas publik dan lansia.

"Untuk tahap kedua 21 april 2021 hingga maret 2022 sasaranya kelompok masyarakat rentan dan kelompok masyarakat lainya," tutup Sierly.(dyt)