Smart Thru Pangkas Waktu Pengurusan STNK Lima Tahunan Di Samsat Bangil

Smart Thru Pangkas Waktu Pengurusan STNK Lima Tahunan Di Samsat Bangil Launching Smart Thru samsat Bangil kabupaten Pasuruan. Foto iwan dayat

Pasuruan, kabarwarta.id - Smart Thru bisa memangkas waktu kepengurusan STNK 5 tahunan menjadi lebih cepat di samsat Bangil, Kabupaten Pasuruan.

"Smart Thru merupakan salah satu inovasi dan ini bisa menghemat waktu kepengurusan STNK dari 90 menit menjadi 10 menit saja," Ujar Kapolres Pasuruan AKPB Teddy Chandra, rabu (8/5/24).

Ia menegaskan bahwa layanan Smart Thru di samsat Bangil merupakan upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak yang mengurus STNK.

"Ini merupakan bentuk komitmen polres Pasuruan untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat khususnya wajib pajak dengan mempersingkat waktunya menjadi lebih cepat," Ungkap Teddy.

Smart Thru adalah inovasi dari samsat Bangil yang berupa pelayanan kepengurusan STNK 5 tahunan yakni, wajib pajak pasca fotocopy berkas (KTP - STNK - BPKB) kemudian pengecekan kendaraan bermotor (cek fisik) berkas dimasukkan ke loket verifikasi kemidian wajib pajak cukup menunggu di depan loket kasir untuk melakukan tagihan pajaknya serta STNK baru.

"Pasca melakukan pembayaran pajak di loket kasir, wajib pajak cukup menunggu di dalam untuk mengambil STNK kemudian material plat dan dicetak. Cukup simpel dan lebih cepat," urai Teddy Chandra yang didampingi kepala UPT Bapenda Jatim di Pasuruan.

Selain pihak kepolisian, yakni Satlantas, Lauching Smart Thru ini juga diikuti oleh Pt Jasa Raharja Persero, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan dan Bapanda Jatim serta wajib pajak.

"Lebih simple dan otomatis menghemat waktu kepengurusan STNK nya," Kata Fitri Novita salah satu wajib pajak.

Selain Smart Thru, di samsat bangil juga ada sansat Drive Thru untuk pelayanan pembayaran pajak tahunan.(dyt)