Strategi Pencegahan Covid -19 Oleh Mahasiswa UMM Kepada Warga Gadingkulon

Strategi Pencegahan Covid -19 Oleh Mahasiswa UMM Kepada Warga Gadingkulon Mahasiswa PMM UMM mensosialisasikan perilaku hidup sehat kepada masyarakat Gadingkulon kabupaten Malang. Foto Salsabila Azmi

Malang, kabarwarta.id- Mahasiswa PMM UMM Sosialisasikan Perilaku Hidup Sehat Dan Strategi Dalam Rangka Pencegahan Covid-19 di Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memiliki tujuan untuk membantu serta memberikan manfaat kepada Masyarakat.

Seperti yang dilakukan oleh kelompok 78 gelombang 8 yang beranggotakan 4 orang yaitu : Salsabilla Azmi, M.Ridwan Bayu, Afif Maulana dan Salsabilla Kurnia Melakukan kegiatan PMM di Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Dengan Mengangkat tema “Sosialisasi Perilaku Hidup Sehat Dan Strategi Dalam Rangka Pencegahan Covid-19 Di Era New Normal Terhadap Penduduk Desa Gadingkulon, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang” Kegiatan PMM ini sendiri dimulai Pada tanggal 4 juni 2021.

Beberapa Program telah kami susun dari awal sesuai yang akan kami laksanakan. Pihak Kepada Desa gadingkulon Sangat mendukung Program yang akan Kami laksanakan dan Program kami sendiri berfokus kepada Sosialisasi Perilaku Hidup Sehat Dan Strategi Dalam Rangka Pencegahan Covid-19.

Kegiatan sosialiasasi ini memberikan edukasi bagaimana menjalankan Protokol Kesehatan dengan benar, Karena beberapa masyarakat masih banyak yang belum menjalankan Protokol kesehatan dengan benar dan sering mengabaikan Peraturan Protokol kesehatan. Oleh karena itu, Kami melakukan Kegiatan sosialisasi mengenai bahayanya Pandemi Covid – 19 yang sedang berlangsung di Indonesia dengan membawa poster, dengan membagikan masker dan handsanitizer kepada masyarakat Agar Masyarakat bisa menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan dan mengurangi angka penularan Covid – 19 yang terus meningkat di Indonesia.

Tidak hanya melakukan sosialisasi saja, tetapi kelompok 78 juga membuatkan handsanitizer, untuk ditempatkan di tempat umum seperti masjid dan gazebo dan membuat tempat mencuci tangan serta pemasangan Poster di beberapa spot desa gadingkulon. Adapun Program Selanjutnya yaitu, Mengadakan perlombaan mewarnai bersama anak – anak TPQ demi untuk meningkatkan kreativitas anak, juga sebagai metodologi untuk mensialisasikan bahaya Covid – 19 dan untuk selalu menjaga kesehatan kepada anak – anak, Dan didampingi oleh Bu Rohmah selaku guru TPQ.

Peserta Lomba disini beragam Dari kelas TK Sampai SD kelas 6 yang dimana berjumlah 28 peserta. Mereka semua sangat Antusias dengan Kegiatan Lomba ini. Dan kami membagikan 6 Hadiah untuk juara Lomba mewarnai. Tak hanya itu, Kami juga Membagikan Masker kepada peserta dan Konsumsi agar mereka semakin semangat. Selain itu,tak hanya melakukan sosialisasi mengenai pandemi Covid – 19, Kami juga melalukan kegiatan bersama warga sebagai Penutupan agenda PMM dengan melakukan Kegiatan Kajian Lalu Acara ramah tamah dengan Makan bersama warga setempat, dan juga melakukan kegiatan kerja bakti membersihkan masjid dan sekitarnya.

Diharapkan Masyarakat dapat lebih sadar akan Pencegahan Covid-19 dan Program yang telah kami laksanakan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Begitu juga, Kelompok PMM kami Sangat berterimakasih kepada Perangkat desa gadingkulon serta Masyarakat desa gadingkulon yang dapat melakukan kerjasama dalam kegiatan Sosialisasi pencegahan covid-19 ini.

BIODATA PENULIS

 

Nama : Salsabilla Azmi

Alamat : Perumahan Sempu Mulia Residance. Gadingkulon-Dau, Malang.

Pekerjaan : Mahasiswa FISIP Sosiologi Universitas Muhammadiyah Malang