Sudah Bosan Berwisata Ke Tretes, Coba Deh Nikmati Keindahan Jendela Langit Yang Dulu Bernama Gumandar Camp

Sudah Bosan  Berwisata Ke Tretes, Coba Deh Nikmati Keindahan Jendela Langit Yang Dulu Bernama Gumandar Camp Pesona wisata Jendela Langit difoto dari atas ketinggian. Tengah, pengunjung jendela langit pasca menikmati Gumandar Trip.Foto iwan dayat

Kabarwarta.id - Sudah bosan menikmati hawa dingin Tretes dan mau mencoba nuansa pegunungan dengan aroma baru. Nih ada Jendela Langit yang dulu dukenal dengan Gumandar di area gunung Arjuno, Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.

Berada di ketinggian 1200 Mdpl dan memiliki hawa sejuk dan memiliki panorama alam yang mengagumkan yang sebagian besar berupa perbukitan yang menghampar diatas gunung Arjuno.

Dari sini, wisatawan juga dapat menikmati keindahan lereng bukit gunung Welirang yang bisa langsung dinikmati dari spot selvi Jendela Langit yang dikelola oleh LMDH Jatiarjo dibawah pengawasan perum Perhutani KPH Pasuruan selaku penanggung jawab lahan hutan di kawasan ini.

Tarif masuk yang cukup terjangkau dan perjalanan hanya sekitar 20 menit dari Tretes menuju Jendela Langit yang bisa ditempuh dengan menggunakan motor maupun mobil pribadi serta minibus.

"Kalau kendaraan wisatawan tidak kuat menanjak karena jalan masih makadam, kami menyediakan transportasi ojek dan mobil 4x2 dengan kapasitas 7 orang di area transit di atas Kaliandra," kata Dayat, pengelola Jendela Langit, minggu (28/2/21).

Masih menurut Dia, selain transportasi, Kini Jendela Langit memiliki sarana wisata baru yakni, "Gumandar Trip" yaitu naik jeep mengelilingi area sekitar tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan jenis Jeep.

"Jeep bisa untuk empat orang dengan rute Base Camp Gumandar Rp.75.000, Gumandar camp - Candi watu lawang Rp.150.000 dan Jendela langit memutar Taman Safari - Candi Watu Lawang - Gumandar Rp.500.000," terang Dayat.

Rute untuk Jeep di tempat ini memiliki tiga variasi disesuaikan dengan panjang lintasan yang dilalui. "Pertama sejauh 1,5kilometer, 3 kilometer dan 5 kilometer tentunya dengan medan yang cukup menantang adrenalin namun aman untuk wisatawan," tambah Dayat.

Ditempat ini, Wisatawan selain menikmati pemandangan alam yang masih alami. Juga tersedia area tempat foto selfi dan beragam permainan seperti, area outbond, tempat menginap dan arena permainan anak seperti ayunan dan tempat berseluncur.

"Jendela langit buka setiap hari dengan cukup mengisi uang partisipasi untuk pengelolalan tempat wisata minimal Rp.5000," imbuh Dayat.

Rute menuju tempat ini dari Exit tol Pandaan, pengunjung bisa menuju simpang empat Karangjati ke selatan ke Desa Dayurejo naik hingga di simpang tiga Kaliandra menuju tempat transit atau langsung ke atas bukit Gumandar.

Dari arah Malang, wisatawan bisa melewati jalan di simpang tiga pasar Sukorejo atau simpang tiga TSI 2 ke atas hingga simpang tiga Jatiarjo ke kanan menunu simpang tiga Kaliandra dan naik ke tempat transit atau langsung menunu ke Jendela Langit yang dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Desa Jatiarjo, Kecamatan Prigen, Kabupaten Pasuruan.(dyt)