Tak Memenuhi Persyaratan, Bacaleg Kabupaten Pasuruan Jadi Berkurang

Tak Memenuhi Persyaratan, Bacaleg Kabupaten Pasuruan Jadi Berkurang Komisioner KPU Kabupaten Pasuruan Divisi teknis dan pemilihan Fagimatus Zahro. Foto Is

Pasuruan, kabarwarta.id -  Sebab tak memenuhi persyaratan, Bacaleg di Kabupaten Pasuruan Berkurang dan jumlahnya mencapai Puluhan.

Bakal calon legislatif (bacaleg) di Kabupaten Pasuruan tak memenuhi persyaratan. Meski ada peluang perbaikan, namun tak semua melakukannya. 

Hal ini diungkap oleh Komisioner Divisi Teknis dan Pemilihan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasuruan, Fatimatus Zahro menjelaskan jumlah bacaleg telah mengalami penurunan selama periode perbaikan berkas administrasi.

Sebelumnya ada sejumlah 746 bacaleg yang diajukan oleh 18 partai politik (parpol) ke KPU Kabupaten Pasuruan. Namun, setelah masa perbaikan berkas administrasi, hanya 708 bacaleg yang berhasil memenuhi persyaratan dan ditetapkan.

Untuk  38 bacaleg lainnya tidak memenuhi persyaratan yang diperlukan dalam masa perbaikan yang dilakukan. Bahkan, saat pencermatan rancangan DCS, 6 Agustus 2023 kemarin. Penurun kembali terjadi, saat proses pencermatan tersebut. 

“Jumlah tersebut bisa saja, akan kembali mengalami penurunan dalam perjalanannya hingga akhirnya ditetapkan DCT,” Urai Zahro.

Menurutnya, Beberapa faktor menjadi pemicunya. Salah satunya, penurunan jumlah bacaleg ini disebabkan oleh beberapa faktor internal parpol.

Beberapa bacaleg memutuskan untuk mundur dari pencalonan, sehingga tidak lagi masuk dalam daftar bacaleg yang diajukan oleh parpol.

“Persoalannya ada pada internal parpol. Mungkin yang semula disodorkan, tidak cocok untuk diajukan lagi dalam pencermatan DCS atau faktor lainnya,” terang Zahro.

Saat ini tercacat hanya 677 Bacaleg yang diancang ancang bakal masuk DCS.(dyt)