Taman Herbal Karya Mahasiswa UMM Untuk Menopang Kebutuhan Toga Masyarakat Dusun Gondang

Taman Herbal Karya Mahasiswa UMM Untuk Menopang Kebutuhan Toga Masyarakat Dusun Gondang Mahasiswa PMM UMM membuat taman Herbal. Foto Vidiant Ihza Pradana

Malang, kabarwarta.id - Mahasiswa UMM Bangun Taman Kesehatan yang berisi tanaman obat untuk masyarakat Dusun Gondang.

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang tergabung dalam program Pengabdian Masyarakat Oleh Mahasiswa (PMM) gelombang 2 kelompok 68 menyediakan taman yang berisi tanaman herbal.

Pembuatan taman tersebut dilakukan di Taman Baca Dusun Gondang, Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.

Taman baca sendiri dipilih sebagai lokasi pembuatan dikarenakan fungsinya sebagai fasilitas edukasi. Diharapkan dengan tersampaikanya edukasi tentang tanaman obat (TOGA), masyarakat akan terdorong untuk mengembangkanya. 

kordinator kelompok, Bella Sintia menyatakan pengembangan tanaman herbal berpotensi memberikan pengaruh yang baik terlebih dalam situasi merebaknya wabah virus corona.

Pembangunan dilakukan dengan menata tanaman di tempat yang mudah dilihat oleh pengunjung. Sementara edukasi tentang tanaman obat sendiri dilakukan dengan memasang papan nama serta pembagian pamflet kepada masyarakat khususnya pengunjung.

Kegiatan ini disambut positif oleh penanggung jawab taman baca, Ari Budianto. “Pembuatan taman ini bagus dapat memberikan edukasi bagi warga dan menambah keindahan Taman Baca. Semoga hasil dari tanaman TOGA sendiri nantinya dapat dimafaatkan juga oleh warga dan menambah ketertarikan warga untuk datang ke Taman Baca”  ujarnya.

Program taman kesehatan ini merupakan program kerja dari peserta PMM gelombang 2 kelompok 68. Selain penanaman TOGA, tim PMM binaan dosen pembimbing lapang (DPL) Sholahudin Al Fatih, ini juga memiliki program pendampingan belajar serta edukasi tentang pola hidup sehat pada anak-anak. 

Penulis 

Nama: Vidiant Ihza Pradana 

Alamat : Karyawiguna, Dusun Gondang, Desa Tegalgondo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang

Email : tuglink0@gmail.com