Tambah Pendapatan Desa, Warga Kemlagi Kelola Sampah Rumah Tangga

Tambah Pendapatan Desa, Warga Kemlagi Kelola Sampah Rumah Tangga Desa Kemlagi kabupaten Mojokerto

Mojokerto, kabarwarta.id - Perilaku Masyarakat dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga untuk Menambah Pendapatan Desa Kemlagi kabupaten Mojokerto.

Desa Kemlagi merupakan sebuah Desa yang terletak di Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur.

Wilayah Desa Kemlagi dibagi menjadi empat dusun, yaitu Kemlagi Lor, Kemlagi Kidul, Kemlagi Kulon dan Kemlagi Wetan. Dari 4 RW D esa Kemlagi memiliki 16 RT.RW 01 memiliki 03 RT, RW 02 memiliki 05 RT, RW 03 memiliki 06 RW, dan RW 04 memiliki 2 RT.

Masyarakat dalam mengelola sampah masih bertumpu pada unsur penimbunan sampah kemudian dilakukan pembuangan atau pemusnahan dengan dibakar atau dibuang, atau pada pendekatan akhir yaitu sampah yang dikumpulkan, diangkut dan dibuang ke tempat sampah akhir.

Pengelolaan sampah dengan sistem ini dapat menimbulkan masalah baru di tempat lain, karena kapasitas TPA sudah tidak mampu lagi menampung jumlah sampah yang dihasilkan masyarakat.

Sistem ini juga menyebabkan masyarakat menjadi resisten terhadap TPA, karena dianggap menimbulkan polusi dan merugikan.

Salah satu upaya masyarakat Desa Kemlagi dalam mengelola sampah adalah dengan mengelola sampah secara mandiri dan produktif. Sistem ini mandiri masyarakat dalam mengelola sampah yang dihasilkan dan tidak bergantung pada pemerintah, yaitu dengan membiasakan masyarakat untu memilah sampah.

Metode ini merupakan metode yang paling efektif untuk mendapatkan jenis sampah tertentu, sehingga memudahkan untuk proses daur ulang. Mendaur ulang semua sampah dan mengembalikannya ke perekonomian masyarakat atau kea lam adalah suatu alternative yang sangat baik, lingkungan yang baik dari sampah maupun bagi peningkatan perekonomian masyarakat.

Bank sampah adalah tempat pemilahan dan pengumpulan sampah yang dapat didaur ulang atau diguna ulang yang memiliki nilai ekonomi.

Bank sampah bertujuan untuk, Mengurangi jumlah timbunan sampah yang diangkut ke TPA Merubah perilaku masyarakat dalam mengelola sampah dengan benar Membudayakan ekonomi masyarakat.

Tujuan dibentuknya bank sampah adalah mendidik dan membudayakan pengurangan sampah di tingkat masyarakat sekaligus mengambil manfaat ekonomi dari pelaksanaannya. Bank sampah terdiri dari tiga komponen yaitu : Penabung, yaitu masyarakat/lembaga/intitusi penghasil sampah Pengelola, yaitu petugas yang melayani tabungan sampah yang berasal dari masyarakat Pembelian sampah/rosok/pengepul yaitu individu yang menjadi mitra bank sampah dalam mengelola sampah.

Biodata penulis :

Nama : Devi Anggraini

Alamat : RT 003 RW 001 Dusun Tugu Desa Jolotundo Kecamatan Jetis Kabupaten Mojokerto

Email : deppkitty66@gmail.com

Pekerjaan : Mahasiswi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Malang

Ber