Tantangan Internet Pada Bidang Komunikasi Bisnis

Tantangan Internet Pada Bidang Komunikasi Bisnis Bisnis dengan penggunaan fasilitas internet. Foto Iwan dayat

Malang, kabarwarta.id - Tantangan internet pada bidang komunikasi bisnis.

OLEH : Tegar Gilang Ramadhan

Teknologi komunikasi dan informasi adalah aplikasi pengetahuan dan keterampilan yang digunakan manusia dalam mengalirkan informasi atau pesan dengan tujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan manusia agar tercapai tujuan komunikasi.

Dengan kemajuan teknologi internet maka proses interaksi antar manusia mampu menjangkau lapisan masyarakat dimanapun semakin terbuka.

Peluang dan tantangan dalam melakukan pemasaran internet menjadi sebuah gerakan baru dalam dunia pemasaran produk ataupun jasa.

Pada era digital saat ini, terdapat perubahan lingkungan yang begitu cepat dengan terbukti adanya awalnya berkomunikasi dalam bentuk lingkungan fisik atau tatap muka atau offline, namun dengan adanya kemajuan teknologi kemudian berpindah ke lingkungan yang serba online.

Dimana orang-orang mulai sibuk menggunakan teknologi seperti handphone, laptop, dan alat elektronik lainnya yang dapat digunakan untuk berkomunikasi. Namun disisi lainnya terdapat beberapa tantangan internet pada bidang komunikasi bisnis ini.

Adanya ketergantungan pada perkembangan teknologi, seperti yang dilihat bahwa setiap individu, kelompok, perusahaan dalam berkomunikasi mengalami adanya perubahan pada teknologi komunikasi ini.

Banyak pembisnis, individu, kelompok mencari sumber informasi melalui computer dan handphone yang sudah tersambung diinternet.

Hal ini menjadi sebuah tantangan baru bagi pemasar untuk mengubah cara berkomunikasi pada konsumen, pada mitra kerja lainnya untuk mengubah keseluruhan berkomunikasi serta metode pemasarannya ke yang serba online.

Selain itu, adapun juga mengenai penyeimbangan personalisasi dan privasi, dimana dalam berkomunikasi pasti membutuhkan suatu komunikasi yang lebih dekat, rahasia, namun dengan adanya internet ini tentunya dapat diakses oleh banyak orang sehingga memungkinkan mendapati tekanan sosial.

Adapun juga tantangan seperti insfrastruktur, sarana dan prasarana di Indonesia yang belum cukup memadai, artinya akses internet pun juga belum merata ada di Indonesia. Sehingga ini tentunya akan menjadi suatu hambatan dan tantangan sendiri dalam berkomunikasi, terutama dalam halnya bernegosiasi.

Bernegosiasi merupakan suatu komunikasi dan transaksi dimana terdapat kedua belah pihak yang memiliki hak atas hasil akhirnya atau keputusan akhirnya. Jika dalam berkomunikasi masih ada halangan atau rintangan dalam berkomunikasi seperti belum meratanya akses internet di Indonesia, ini akan menjadi suatu tantangan yang besar bagi perusahaan atau pembisnis.

Dalam halnya bernegosiasi, jika ada gangguan maka akan menciptakan negosiasi yang buruk sehingga akan kesulitan dalam membuat keputusan akhir yang tidak berhasilnya dalam membuat suatu keputusan seperti win-win solution dan lainnya.

Perkembangan teknologi telah membawa perubahan yang sangat cepat. Mobilitas manusia, distribusi barang, serta lalu lintas modal dan informasi semakin cepat berkembang melalui digitalisasi. Perkembangan digitalisasi telah menciptakan terobosan baru di bidang ekonomi yaitu, dalam interaksi bisnis ke bisnis, bisnis ke pelanggan, ataupun pelanggan ke pelanggan.

Ekonomi digital telah membawa dampak positif dan negative ke dalam kehidupan sehari – hari dan kita harus selalu berhati - hati dalam menggunakan internet.