UMKM Bisa Lebih Profesional Dengan Whatsapp Business, Kenali fiturnya yang Jarang Orang Tau

UMKM Bisa Lebih Profesional Dengan Whatsapp Business, Kenali fiturnya yang Jarang Orang Tau Fitur Whatssap Bisnis. Foto Avan

Kabarwarta.id -Jika Whatsapp pada umumnya. Orang kenal berlogo ganggang telpon rumah dengan bakround hijau berbentuk kotak dialog bulat. Maka pada " Whatsapp Business " logo ganggang telpon tersebut berupa Huruf " B " yang ditulis kapital.

Whatsapp Bisnis dirilis pada Bulan April 2018 silam, namun. Kendati demikian hingga saat ini tidak semua orang tahu fitur platform besutan anak perusahaan Facebook.inc ini, terutama orang tua yang tidak begitu mengikuti perkembangan teknologi.

Contoh, yang pernah saya alami. Saya mengaktifkan fitur balas otomatis, artinya. Saat ada pesan masuk ke nomor Whatsapp saya, maka orang yang mengirim pesan ke kontak whatsapp business saya.

Secara otomatis akan menerima balasan bahwa saat ini, saya sedang tidak bisa membalas pesan dengan catatan koneksi data dalam keadaan hidup. Kejadianya, ketika pesan tersebut secara otomatis masuk ke nomor pengirim. Pengirim Pesan bingung dan bertanya. " Mas, Kalau sibuk. Kok bisa balas pesan ?. ". Nah, berikut adalah fitur Whatsapp Business yang perlu diketahui, khususnya bagi para pelaku usaha UMKM pemula yang butuh fitur bisnis pengola pesan secara gratis dan tidak ada pada Whatsapp reguler. 

1.Profil. Fitur ini memungkinkan untuk membagikan profil singkat tentang usaha atau jasa pengguna. Anda bisa menuliskan nama usaha, alamat, jam kerja, e-mail, jenis usaha dan alamat web jika ada.

2. Katalog. Bagi anda yang tidak mau ribet membayar orang untuk membuat katalog bisnis berbasis web. Whatsapp bisnis menyediakan fitur yang memungkinkan anda menampilkan foto dan informasi produk didalamnya.

Siapapun yang menyimpan nomor Whatsapp anda. Dia bisa melihat penawaran produk berikut informasi pentingnya.

3. Fitur Balas Pesan Otomatis. " Maaf saat ini kami sedang sibuk. Silakan tinggalkan pesan anda. Kami akan menjawab segera setelah online. TTD Admin. " Seperti sebelumnya. Saya menjelaskan diatas.

Untuk mengaktifkan fitur ini, anda cukup pergi ke pengaturan dengan mengklik tombol titik tiga yang berada di sebelah kanan atas, lalu ke pengaturan bisnis, pilih pengaturan pesan. Silakan pilih pengaturan "Balas otomatis ".

Selain fitur tersebut ada fitur lain yang dapat anda optimalkan. Antara lain pesan sambutan,balas cepat dan label. Selain itu, update versi terbaru di Playstore. Whatsapp Bisnis sudah mendukung fitur intergrasi dengan " Facebook Fanspage " dan Instagram juga fitur berbagi link yang bisa dimanfaatkan untuk disematkan pada postingan.

Sehingga kostumer yang akan bertanya soal produk tak lagi menyimpan digit nomor telpon. Cukup menekan link tautan yang disemantkan untuk bis terhubung dengan cepat. Fitur barcode.

Setiap nomor akan otomatis memiliki kode barcode mewakili nomor telpon pengguna. Anda bisa menggunduh barcode anda sendiri untuk disematkan pada desain produk atau dicetak dan ditempelkan pada desain promosi. Memudahkan calon kostumer yang ingin bertanya lebih jauh soal produk, hanya dengan menscan barcode tersebut.

Saya berpendapat fitur ini diadopsi dari Blackberry Masengger yang booming 2009 silam. Semua fitur diatas bisa digunakan secara gratis tanpa iklan atau langganan terlebih dahulu sama seperti halnya Whatsapp reguler.

Penulis : Novan Arianto

Praktisi digital relawan TIK kota Pasuruan