Wujudkan Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa UMM Perbaiki PJU Di Dusun Rambaan

Wujudkan Pengabdian Kepada Masyarakat, Mahasiswa UMM Perbaiki PJU Di Dusun Rambaan Mahasiswa PMM UMM memasang PJU di Dusun Rebahan kecamatan Dau kabupaten Malang. Foto Muhammad Afif Adi Prayogo

Malang, kabarwarta.id - Wujudkan Pengabdian masyarakat oleh mahasiswa (PMM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) kelompok 23 gelombang 1 yang dibimbing oleh Bapak Nu’man Aunuh, S.H., M.Hum yang bertempat di Dusun Raamban, Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang melakukan pemasangan lampu jalan di lingkungan Dusun Rambaan tepatnya di jalan tirto utomo gang 5.

kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh kelompok 23 gelombang 1 sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat melalui Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri.

Untuk bisa memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi warga dalam jangka panjang, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mempunyai inisiatif untuk melakukan program pengadaan lampu penerangan jalan di Dusun Rambaan.

Kerja bakti diikuti 5 anggota PMM beserta dengan warga Dusun Rambaan. Program pengabdian diarahkan dan didampingi oleh bapak Hisyam Selaku kepala Dusun Rambaan RT2/RW2. Karena minimnya penerangan sehingga membatasi jarak pandang saat malam hari, maka Mahasiswa PMM 23 UMM bersama dengan warga dusun bergotong royong menambahkan lampu di empat titik sepanjang jalan masuk Dusun Rambaan.

Penerangan jalan umum merupakan salah satu sarana prasarana desa yang paling diperlukan disetiap jalan umum untuk memudahkan warga dalam perjalanan pada saat malam hari.

Dengan adanya penerangan jalan warga dapat dengan mudah dalam berkendara atau jalan kaki sehingga tidak takut tejatuh yang disebabkan jalanan yang gelap dengan pemasanagan lampu jalan ini diharapkan pengendara atau pejalan kaki dapat merasa aman dan nyamn saat melintasi jalan pada malam hari.

Pemasangan penerangan jalan umum dilakukan oleh mahasiswa PMM 23 UMM yang dibantu oleh warga Dusun Rambaan. Pembuatan instalasi lampu penerangan jalan berkolaborasi dengan masyarakat mengenai dana dan pengerjaannya.

Sementara itu, Kepala Dusun Rambaan Hisyam Asy’ari, mengapresiasi kegiatan PMM 23 UMM beliau mengatakan,

"kami selaku warga Dusun Rambaan sangat terbantu dengan kedatangan kelompok PMM 23 UMM di sini, PMM yang sering diidentikan dengan sebuah pengabdian memang benar-benar kami rasakan manfaatnya, oleh karena itu kami selaku warga Dusun Rambaan," ujarnya.

BIODATA PENULIS

NAMA : Muhamad Afif Adi Prayoga

ALAMAT : Mekar Asri RT1/11, Nglorog, Sragen

Email: afifadiprayoga99@gmail.com

PEKERJAAN : MAHASISWA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG