YLH.PK - PU Soroti Mahalnya Harga Sembako Dan Kebijakan Pemerintah

YLH.PK - PU Soroti Mahalnya Harga Sembako Dan Kebijakan Pemerintah Edy Susanto ketua umum YLH.PK-PU. Foto iwan dayat

Pasuruan, kabarwarta.id - YLH.PK -PU Soroti mahalnya harga sembako dan kebijakan pemerintah yang dinilai belum bisa Pro rakyat.

"Kontrol pemerintah harus hadir ditengah-tengah masalah kenaikan seluruh harga sembako. Dengan turun langsung ke lapangan untuk mengecek harga yang begitu dahsyat kenaikannya," Kata Edy Susanto selaku ketua YLH.PK- PU, minggu (3/3/24).

Menurutnya, Fungsi kontrol pemerintah beserta instansi terkait atas kenaikan harga sembako sangat ditunggu oleh masyarakat khususnya Konsumen.

"Hal ini sangat memprihatinkan karena angka kenaikan harganya terus bertambah dan pemerintah harus mengambil kebijakan agar harga sembako stabil dan juga pemerintah daerah seperti Pemkab Pasuruan dalam hal ini Disperindag bisa melakukan operasi pasar dan memberikan sangsi jika ada agen atau distributor sembako yang nakal menampung kemudian jika barang terbatas kemudian menaikkan haga dari harga semestinya," terang Edy.

YLH.PK-PU (Yayasan Lembaga Hukum Perlindungan Konsumen dan Pelaku Usaha) tengah melakukan pemantauan dan di pasar terkesan kurang ada kontro dari Dinas terkait melambungnya harga sembilan kebutuhan pokok seperti beras, telur dan gula pasir yang harganya terus naik menjelang bulan Ramadhan 2024.

Edy Susanto memaparkan kenaikan harga sembako ini bisa disebabkan atas beberapa faktor dan bisa juga ada dugaan permainan dari pelaku usaha dengan skala yang besar yakni nasional karena kenaikan harga terjadi di seluruh Indonesia.(dyt)